Senin, 14 Mei 2012

Peraturan English Debate

(Format Debat Parlemen Australasia)



Motion: Topik yang diperdebatkan.
 
Parameter: Limitation of the argument, yaitu batasan yg harus diberikan oleh team positif agar pembicaraan tidak panjang lebar dan tidak sesuai dengan Motion. Parameter penting sekali karena dalam perdebatan akan muncul ide-ide baru yang nantinya tidak akan bertemu pada satu titik. Maka fungsi parameter ialah untuk membatasi isi daripada pembicaraan. Parameter juga bisa digunakan sebagai penjebak apabila tim lawan berargumen yang keluar dari parameter anda. Jika Affirmative Team tidak memberikan parameter maka haknya bisa diambil oleh Negative Team dan itu sangat berbahaya, karena jalur pembicaraan dipegang oleh tim lawan.
 
Team Split/ Job Description: Bagian-bagian yang akan dibicarakan oleh masing-masing speaker. Misalnya : society point of view, Law point of view, Morality point of view, Health point of view, dll.
 
Theme Line: Garis besar/ inti dari motion yang diambil dari keseluruhan argument.

Matter: Materi yang dismpaikan harus sesuai dan berhubungan dengan motion (jangan keluar jalur).

Manner: Cara penyampaian argument: sopan, tegas, meyakinkan, suara jangan sampai lembek karena berpengaruh pada kekuatan argument anda, BODY LANGUAGE juga sangat penting (jangan tegang seperti patung). (bisa dengan alittle bit emotion, tapi jangan marah-marah).

Method: Metode penyampaian dari 1st speaker sampai dengan 3rd speaker dan pembagian tugas harus jelas. Ketiga unsur ini mempengaruhi margin dalam penjurian.

Timer: Ini juga sangat penting waktu semakin panjang makin bagus. Pengalaman saya: saat bicara tidak usah terburu-buru jika apa yang disampaikan tidak banyak, cobalah mengulur-ulur waktu dengan pura-pura berpikir (acting), jadi waktu kita yang lama sebelum ketukan harus berhenti akan menambah margin juga dalam penilaian.

Reply Speech: Kesimpulan dari ketiga argument yang menguatkan. Bisa di bawakan oleh 1st atau 2nd speaker (3rd speaker tidak boleh memberikan Reply Speech di dalam Australian debate rules). Perlu diingat dalam penyampaian reply speech jangan sampai membuka kasus/ ide baru. Hanya sebuah penegasan dari argument tim saja.


Tugas-tugas Affirmative Team:
 
1st speaker: (1st speaker mendapat tugas paling banyak dan jangan ada yang tertinggal). Tugasnya yaitu:
  1. Introducing team. 
  2. Giving the motion, parameter, theme line and team split.
  3. Giving argument.
Contoh:

Greetings
Good morning/ afternoon, ladies and gentlemen the member of this house atau Madam, Mr. speaker sir the member of this house.

Thank you for the opportunity that given to me. We are from SMA Muhammadiyah Gombong. Lets me to introduce our team.

I as the 1st speaker from the affirmative team, my name is Nuzula Syifaul Khujun, the 2nd speaker of the affirmative team is …, and the 3rd speaker of the affirmative team is Umairoh Azzahro.

Next I would like to give our motion today, our motion today is this house believe that/ this house would our government should take a firm action upon illegal miner.

From that motion we will give our theme line: That we as the affirmative team absolutely are in the motion that this house believe that/ this house would our government should take a firm action upon illegal miner.

Then our parameter today is that we just talk about the gold illegal miner in Indonesia. (dalam hal ini bisa anda ganti dengan pertambangan yang lain, misal: minyak, batubara, etc.). (Jadi jika lawan anda sampai bicara soal minyak padahal tim anda memberikan pembatasan hanya pada penambangan emas, berarti satu kelemahan dari lawan bisa anda jadikan senjata. Anda bisa langsung nembak bahwa apa yang mereka bicarakan lari dari parameter yang anda buat sebagai affirmative team).

Well, continue to our team split. I as the 1st speaker would like to talk about the effect for Economy point of view, our 2nd speaker would like to talk about the Law point of view and the 3rd speaker would like to give more proof and summary of our argument (bisa diganti point of view yang lain, misal: society, health, psychology, etc.). And for the reply speech (kesimpulan) will be gave by the 1st speaker.

Next ladies and gentlemen, I as the 1st speaker from the affirmative team would like to give our argument.

Catatan: Jangan lupa untuk memberikan salam penutup dan ucapan terima kasih (untuk semua pembicara).

2nd speaker: Tugasnya yaitu:
  1. Rebuttal the 1st speaker of Negative Team. 
  2. Giving argument.

3rd speaker: Tugasnya yaitu:
  1. Rebuttal the 2nd speaker of Negative Team. 
  2. Memberikan penguatan atas argumen pembicara 1 dan 2.
  3. Memberikan contoh dan bukti yang kuat untuk argument of the team (keseluruhan).

Catatan: Khusus untuk 3rd speaker lebih baik yang benar-benar pandai berbicara dan lebih galak. Karena 3rd speaker adalah ujung tombak dari tim anda. Jadi 3rd speaker harus yang paling kuat dalam berargumen.


Tugas-tugas Negative Team:
  • Pada dasarnya sama hanya tidak perlu membuat parameter karena affirmative team telah menentukan sendiri parameternya. 
  • Sebagai negative team harus jeli terhadap tugas-tugas 1st speaker of affirmative team. Ingat: jika tidak ada parameter anda bisa merebut poin itu.
  • Katakan saja misalnya: 1st speaker of Negative Team: Well, because the 1st speaker of affirmative team didn’t give us the parameter/ limitations, so here I would like to give our parameter today…bla..bla….
  • Jadi mau tidak mau mereka harus ikut jalur anda. (Sesuatu yang sepele dan sangat menjatuhkan posisi lawan karena bisa saja mereka tidak kepikiran tentang batasan pembicaraan yang anda buat, jadi mereka bisa bingung sendiri mengawali argumen mereka)
  • Seandainya mereka nekat lari tanpa peduli parameter anda, maka itu suatu kesalahan yang besar, berarti perdebatan tidak ada artinya alias cuma bicara sendiri-sendiri dan anda bisa langsung menegurnya.
Jelasnya:

1st speaker: Tugasnya yaitu:
  1. Rebuttal the argument of the 1st speaker from the affirmative team. 
  2. Job description.
  3. Giving argument.
2nd speaker: Tugasnya yaitu:
  1. Rebuttal the argument of the 1st and 2nd speaker from the affirmative team. 
  2. Giving argument.
3rd speaker: Tugasnya yaitu:
  1. Rebuttal the argument of the 1st, 2nd and 3rd speaker from the affirmative team. 
  2. Proofing and summary (jangan membuat kasus baru).

Demikian kurang lebihnya untuk Australian/ Australasia debate rules. Ada juga untuk Asian debate rules yaitu sama dengan diatas hanya saja pada saat masing-masing pembicara berargumen, maka pembicara dari tim lawan bisa mendebat secara langsung (debat kusir).

Misalnya ditengah anda sedang berargumen maka salah satu atau dua atau bahkan ketiganya dari tim lawan akan berdiri sambil mengangkat tangan dan berteriak POI (Point of Interruption), lalu tim lawan menyampaikan rebuttal-nya untuk anda.

2 komentar: